Sabtu, 06 Februari 2010

DO YOU KNOW : "Valentine's Day = Funeral Day of Pastour"


VALENTINE'S DAY FACT !!!


Hari Valentine = Hari Kasih Sayang??? Sumpeee lo??? Yang bener aja man!! Kadang kita sering salah kaprah kalau tidak tahu kebenarannya. Mau tahu lebih jelas asal muasal perayaan Valentine?? Gebet aja info serunya!!!

 Hari Valentine asal muasalnya dari sebuah Festival Kesuburan Lupercalia Romawi Kuno yang mana pernah dirayakan pada tanggal 15 Februari atas penghormatan terhadap Dewa Lupercus dan Faunus, seperti halnya legenda penemu Roma; Romulus dan Remus. Selama festival berlangsung, pemuda akan menggambarkan nama-nama wanita yang didapat dari sebuah kotak dan setiap pasang akan berpasangan hingga perayaan tahun depan.

Sekitar tahun 270 AD, Roma mengalami peperangan dan pemberontakan penduduk. Para pria tidak bersemangat untuk bergabung dengan ketentaraan. Raja Cladius II percaya bahwa penduduknya tidak ingin meninggalkan orang yang mereka cintai (pasangannya) dan dibatalkannya semua pernikahan dan pertunangan mereka dengan seketika. Dua orang pendeta, Valentine dan Marius melanggar ketetapan Cladius II tersebut dengan menyelenggarakan acara pernikahan dengan sembunyi-sembunyi. Kemudian Valentine tertangkap pada 14 Februari dan dipenjarakan. Tidak lama kemudian, Valentine digantung hingga meninggal dan kemudian dipenggal. Namun, sebelum dieksekusi Valentine memberikan pernyataan terakhir bahwa, Valentine –dirinya sendiri—jatuh cinta dengan putri dari seorang anak sipil penjara. Dia memberikan pesan terakhirnya dengan tertanda “Dari Valentinemu” (“From your Valentine”).

Pada tahun 391 AD, Raja Theodosius I mendeklarasikan bahwa Kristen merupakan agama resmi di Roma. Festival Kesuburan Lupercalia dirayakan hingga 496 AD, dimana Pope Gelasius merayakan festival tersebut dengan bentuk perayaan yang serupa. Untuk orang suci yang dijadikan “pelindung perayaan”, Pope Gelasius memilih “pecinta” orang suci, yang tidak lain adalah St.Valentine. Pope Gelasius juga memindahkan  tanggal perayaan festival dari tanggal 15 Februari menjadi tanggal meninggalnya St.Valentine yaitu 14 Februari. Di seluruh Negara, Hari Valentine mengingatkan atas festival kasih sayang sebagai pengganti hari keagamaan. Pada tahun 1969 Hari Valentine ditiadakan dari Kalender Katolik Romawi karena menandakan Hari Berpesta Pora. Lambang Dewa Asmara (Cupid) menjadi bagian dari Hari Valentine baru ada sekarang-sekarang ini. Dewa Asmara masih berkeliaran untuk mengarahkan anak panah cintanya. Hati melambangkan perjuangan atas jiwa manusia.

Wah, berarti perayaan Hari Valentine sama dengan perayaan hari meninggalnya Pendeta St.Valentine dong???!!! Nah, sekarang kita kembalikan lagi ke kamu-kamu. Apakah perlu perayaan Hari Valentine??? Tanya diri kamu…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar